Senin, 12 Agustus 2013

BERTAMBAH tua memang sesuatu yang tidak terhindarkan—kulit yang berkerut dan rambut pun beruban. Akan tetapi bagaimana kalau proses penuaan berlangsung lebih cepat
Rambut putih yang tumbuh di kepala kita terjadi  ketika rambut kita mulai kehilangan sel-sel yang yang memproduksi pigmen alami yang memberi warna pada rambut. Memang sih, rambut putih ini sebagian besar diakibatkan oleh proses penuaan—akan tetapi ada juga faktor genetik, stres, kurang gizi, gangguan kesehatan ampai gaya hidup buruk yang menyebabkan uban tumbuh lebih cepat. Nah loh, bagaimana mencegah—atau memperlambatnya?
  1. Perokok Lebih Cepat Beruban
    Gaya hidup yang buruk memang memicu uban untuk tumbuh lebih cepat, contohnya adalah kebiasaan merokok. Merokok tentu saja mempercepat proses penuaan tubuh—termasuk pada rambut kita. Tambah paham dong, kenapa rokok menjadi musuh kecantikan kita?
  2. Lupakan Kafein, Alkohol dan Junk Food
    Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein  dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan rambut kita. Demikian juga dengan makanan yang diproses dan junk food. Batasi juga konsumsi tepung dan gula yang banyak menghabiskan energi tubuh untuk mengolahnya. Sayang dong, karena energi yang sama bisa digunakan tubuh dan rambut kita untuk menjaga kemudaannya.
  3. Perbanyak Minum Air Putih
    Saat tubuh kita tidak memperoleh cairan yang cukup, tubuh kita akan kesulitan untuk mendistribusikan zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Hasilnya dapat diduga, kekurangan cairan dan gizi = selamat datang rambut beruban.
  4. Kendalikan Stres
    Yep, ini yang paling susah. Mulai dari pekerjaan sampai hubungan pribadi punya potensi membuat stres dan kelelahan. Padahal, stres yang berkelanjutan, rasa khawatir, amarah dan gangguan psikologis lainnya punya andil dalam mempercepat proses tumbuhnya uban. Jadi, belajar kendalikan stres dengan manajemen waktu dan diri yang baik—juga latihan relaksasi seperti yoga, pernapasan sampai meditasi. Jangan ragu untuk berinvestasi di peralatan tidur yang baik—tidur yang baik serta istirahat yang cukup membantu proses penuaan, loh. So now you know.
  5. Mulai Berolahraga
    Sirkulasi darah yang baik memiliki peranan besar dalam untuk mencegah pertumbuhan uban karena merupakan “jaminan” bahwa rambut dan kulit kepala kita menerima nutrisi dengan baik. Pemijatan kulit kepala secara teratur termasuk olahraga dapat dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  6. Konsumsi Protein, Vitamin B dan Mineral
    Protein sangat dibutuhkan untuk memproduksi melanin; pigmen yang memberi warna pada rambut dan kulit kita. Jangan lupakan juga konsumsi vitamin B, seperti B2, B6, dan B12—seperti yang terdapat pada pisang, telur dan sayur-sayuran berdaun hijau. Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga warna rambut adalah iodin. Pastikan mendapatkannya pada wortel, bayam dan juga ikan segar.
  7. Perawatan Rambut
    Jangan berpikir bahwa perawatan rambut harus mahal dan menguras gaji bulanan. Kalau mau repot sedikit, kita bisa kok melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang alami. Misalnya melakukan creambath dengan bahan-bahan yang disediakan alam, seperti minyak kelapa dan lemon atau minyak kemiri. Selamat mempraktikkan aneka tip di atas ya—ucapkan selamat tinggal pada uban (yang tumbuh kecepetan)! DS (Foto: phomona)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar