Rabu, 23 Oktober 2013

6 Penyebab Mimpi Buruk


6 Penyebab Mimpi Buruk Citacinta
Saat tidur, tubuh melakukan segalanya untuk tetap beristirahat. Jadi dibandingkan membangunkan kita, stimulus dari luar justru menyelinap masuk ke dalam mimpi.  Apa saja yang bisa mempengaruhi mimpi kita? Ini dia….

Suara
Jika kita pernah bermimpi mendengar suara alarm jam di dalam mimpi, bisa saja ada bunyi peluit atau alarm kebakaran ketika kita tidur. Bahkan, musik yang tetap kita nyalakan saat tidur bisa membentuk mimpi kita. Jadi menurut Lauri Loewenberg, anggota dari International Association for the Study of Dreams, putarlah lagu favorit kita jika ingin mimpi indah, misalnya bertemu idola.

Aroma
Para peneliti dari Jerman menemukan fakta kalau aroma bunga mawar bisa memberikan mimpi positif, sedangkan aroma telur busuk akan mengakibatkan mimpi buruk. Dalam keadaan sadar, aroma bunga, coklat atau parfum bisa meningkatkan mood seseorang. Nggak heran, deh, ini juga mempengaruhi pola mimpi.

Posisi tidur
Penelitian di Hong Kong menunjukkan kalau tidur tengkurap akan memperbesar peluang kita untuk mimpi seksual, misalnya bercinta dengan selebriti atau gebetan. Masuk akal, sih. Ketika tidur tengkurap, organ intim kita kontak dengan kasur yang membuatnya terangsang. Hasilnya kita pun sulit bernapas sama seperti ketika bercinta. Jika ingin mengingat kita mimpi apa, Lauri menyarankan kita untuk tidak mengubah posisi tidur selama beberapa menit setelah bangun tidur.

Suasana hati
Tidak mengejutkan, kondisi mental memiliki efek yang besar ke mimpi kita. Depresi, misalnya, mempengaruhi warna di dalam mimpi. Misalnya, mimpi dengan nuansa warna hitam, putih, atau warna abu-abu, bisa menyimbolkan depresi. Cuaca juga berkaitan dengan emosi kita. Rasa cemas bikin kita memimpikan tornado, pikiran yang tenang memberikan mimpi matahari bersinar, dan rasa sedih bikin kita memimpikan hujan.

‘Pensiun’
Nggak cuma pensiun dari pekerjaan ya, tapi bisa juga ‘pensiun’ dari rokok atau ngemil karena ingin menurunkan berat tubuh. Kita yang diet berpeluang mimpi makan buffet, tuh. Orang yang berhenti merokok biasanya bermimpi kembali merokok setelah bertahun-tahun kemudian.

Obat dan vitamin
Obat-obatan berdasarkan resep dokter sangat berpeluang memberikan mimpi ekstrem. Uniknya, jika kita yang merasa depresi sulit mengingat mimpi, obat anti depresi justru sebaliknya, menguatkan ingatan kita tentang mimpi semalam. Vitamin B6 juga membantu kita mengingat mimpi dengan detail dan jelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar