Senin, 19 Desember 2011

kategori rambut

Rambut
Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan.
Alis Mata
Alis mata pada sebagian besar mamalia berupa bagian yang sedikit menonjol sedikit di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi sebagai pelindung mata yang peka dari tetesan keringat yang jatuh dari bagian dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan.
Bentuk alis mata pada manusia biasanya bagaikan bulan sabit dengan lengkungan agak tajam di bagian pelipis. Tidak jarang juga dijumpai orang dengan alis mata bagian kiri dan bagian kanan yang bersambung menjadi satu.Bentuk alis mata dan arah tumbuh rambut pada alis dimaksudkan agar keringat atau air bisa mengalir ke kening dan jatuh ke pipi, atau ke arah pipi melewati puncak hidung. Bentuk tulang dahi pada bagian alis mata juga ikut melindungi mata dari tetesan keringat dan air.
Alis mata juga berfungsi sebagai penahan berbagai macam kotoran yang bisa memasuki mata, seperti pasir, debu, dan ketombe. Selain itu rambut pada alis mata juga menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada di dekat mata, misalnya serangga yang hendak masuk ke mata. Dalam komunikasi antarmanusia, alis mata merupakan salah satu alat untuk mengungkapkan berbagai ekspresi, seperti takjub, marah, bingung, atau tidak paham.
Bulu Mata
Bulu mata, atau lebih tepatnya rambut mata, adalah bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut-rambut. Rambut-rambut ini berfungsi untuk melindungi supaya debu, keringat atau air yang menetes dari dahi tidak masuk ke mata. Rambut mata merupakan rambut yang sangat lembut. Alat untuk melentikkan dan menebalkan bulu mata disebut maskara. Bulu mata dimiliki oleh manusia dan hewan mamalia.
Janggut
Janggut adalah rambut yang tumbuh pada daerah dagu, pipi, dan leher pria. Rambut di daerah di atas bibir kadang juga dikelompokkan sebagai “janggut” walaupun secara spesifik lebih sering disebut kumis. Ilmu yang mempelajari janggut disebut pogonologi. Sepanjang sejarah, pria berjanggut telah diasosiasikan dengan berbagai atribut seperti bijaksana, maskulin, atau berstatus tinggi, tapi kadang juga diasosiasikan sebagai kurang rapi atau eksentrik.
Kumis
Kumis adalah rambut yang tumbuh di atas bibir, di bawah hidung. Umumnya hanya tumbuh lebat pada laki-laki.
Rambut Kemaluan
Rambut kemaluan adalah rambut yang terletak pada bagian depan dan juga di sekitar alat kelamin. Meskipun rambut-rambut halus sudah tumbuh sejak masa kecil, biasanya rambut kemaluan baru benar-benar tumbuh pada masa dewasa, akibat dari efek meningkatnya hormon androgen di daerah kulit sekitar alat kelamin.
Rambut Kepala
Rambut kepala adalah rambut yang tumbuh di kepala. Rambut kepala sering disebut juga rambut saja. Rambut kepala adalah adalah salah satu jenis rambut yang sering dipangkas. Bagi para wanita rambut adalah lambang mahkota. Ini karena wanita sebagian besar berambut panjang.
Rambut Ketiak
Bulu ketiak ialah kumpulan bulu di daerah ketiak. Seperti halnya bulu badan yang lain, bulu ketiak biasanya mulai tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya biasanya sampai pada akhir usia remaja yakni 18-20 tahun. Perembesan feromon dari ketiak pada tingkat perkembangan manusia menunjukkan kaitan antara bulu ketiak dengan keseksualan. Respons positif terhadap rangsangan olfaktori di dalam mamalia dan desakan seks yang kuat yang disebabkan oleh perembesan feromon memberi petunjuk yang berguna mengenai tujuan dan kepentingan bulu ketiak kepada manusia.Pernah dikatakan bahawa bulu itu sendiri bertindak sebagai sifat “anti-geseran” semula jadi antara lengan atas dengan toraks. Lebih penting lagi, bulu ketiak secara semula jadi mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering bagi mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau.
Sangtu
Sangtu adalah jenis model konde rambut tradisional yang dikenakan oleh pria Korea pada masa lalu. Laki-laki pada masa lalu memelihara rambut panjang dan menyusunnya di atas kepala dengan cara menguncir, mengikat dan membentuk konde. Seorang laki-laki yang telah melewati upacara akil-balik dan telah menikah, mengenakan sangtu yang melambangkan kedewasaannya. Sepotong aksesori kecil yang terbuat dari emas, perak atau perunggu yang dinamakan danggot diselipkan untuk menjaga sangtu tetap kencang. Sejenis kain pelapis yang terbuat dari rambut kuda yang dinamakan manggeon dipakaikan di bagian atas kepala untuk mencegah helai rambut jatuh ke muka. Pria Korea telah mengenakan sangtu sejak zaman Tiga Kerajaan (37 SM-668 M). Pada masa Dinasti Joseon 1397-1910), semua pria yang telah menikah mengenakan sangtu dan mereka yang tidak mengenakannya, meskipun telah dewasa dicibir oleh orang lain sebagai anak-anak. Hal ini biasa terjadi pada pria dewasa yang belum menikah. Karena itu, laki-laki seperti ini ada yang berpura-pura mengenakan sangtu supaya dikira telah menikah, istilahnya adalah geonsangtu. Tradisi mengenakan sangtu berakhir tahun 1895, saat pemerintah mewajibkan semua pria memotong sangtu dan mengganti gaya rambut tradisional ke gaya barat. Saat ini sudah jarang laki-laki yang memelihara rambut panjang dan mengenakan sangtu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar