Senin, 19 Desember 2011

anatomi rambut

Bagian atau susunan dari Rambut terdiri dari beberapa bagian  diantaranya Ujung Rambut,  Batang rambut dan Akar Rambut. Berikut penjelasan singkat bagian dari rambut :
1. Ujung Rambut  :
yaitu yang berbentuk runcing terdapat pada  rambut yang baru tumbuh & belum pernah dipotong.
2. Batang Rambut  :
Yaitu bagian rambut yang berada diluar kulit, berupa benang-benang halus terdiri dari keratin / sel-sel tanduk.
3.  Akar Rambut :
Yaitu bagian rambut yang berada di dalam kulit dan tertahan di dalam folikel/ kantong rambut.
Batang Rambut mempunyai 3 lapisan, yaitu :
1.  Cuticula / kulit ari / selaput rambut.
Adalah lapisan –lapisan luar, terdiri dari sel-sel tanduk yang pipih/gepeng dan bening (tembus cahaya) dan tersusun, bagian bawah menutupi bagian diatasnya. Karena cuticula bening dan tembus cahaya maka terlihatlah warna dari rambut tersebut. Susunan rambut yang saling menutupi memungkinkan hasil yang diinginkan dalam penyasakan dan memudahkan cairan (Zat cair) lebih mudah masuk dalam rambut.
2. Cortex/Kulit rambut.
Adalah bagian yang berada di tengah (antara cuticula & medulla) disusun oleh kumpulan semacam benang-benang sangat halus sekali (tidak dapat dilihat oleh mata hanya dengan mikroskop benda). Benang yang sangat halus disebut fibril. Fibril terbentuk oleh molekul, molekul fibril mengandung butiran pigmen melanin. Sel tanduk yang membentuk fibril mengandung suatu zat belerang/sulfur mempunyai pengaruh reaksi terhadap obat keriting/cold wave dan obat cat rambut. Molekul-molekul keratin berada dalam bentuk spiral terdapat ikatan-ikatan yang mempertahankan bentuk rambut secara tetap (Pengeritingan).
3. Medula / Sumsum rambut.
Adalah berupa bagian tengah rambut yang dibentuk oleh Zat tanduk yang berwujud anyaman dengan rongga-rongga yang berisikan Udara. Penampang melintang rambut lurus berbentuk bundar / lonjong berombak menebal disatu sisi. Rambut keriting penampang melintangnya tidak menentu  (kadang berbentuk ginjal)
Akar Rambut
Akar rambut adalah bagian rambut yang tertanam / berada didalam kulit jangat . Akar rambut tertanam miring dalam lapisan dalam. Bagian-bagian dari akar rambut ialah :
a. Folikel rambut / kantong rambut.
Adalah suatau saluran yang menyerupai kantong dan melindungi tunas rambut serta tertanam didalam dermis(lapisan dalam kulit).
b. Umbi rambut.
Adalah bagian bawah folikel / kantong rambut yang punya mulut seperti corong memanjang keatas dari lapisan dermis dan berakhir pada lapisan epidermis. Gunanya  untuk menghisap / menyerap udara serta penimbunan kotoran dan sebum.
c. Papil Rambut.
Adalah tempat membuat sel-sel tunas rambut dan tempat membuat sel-sel pigmen melanin ( Zat warna pada rambut).
d. Pembuluh darah.
Adalah saluran yang untuk merembeskan cairan yang berisi Zat makanan untuk keperluan sel-sel lapisan epidermis.
e. Kelenjar minyak.
Adalah suatu saluran yang berguna untuk memberikan kelembutan rambut.
f. Kelenjar keringat.
Adalah saluran bermuaranya sel-sel keringat.
g. Zat warna Rambut.
Adalah tempat untuk membuat warna pada rambut atau disebut sebagai sel melanin.
Ada 3 (tiga) lapisan pada Kulit :
a.       Lapisan Epidermis.
Adalah lapisan bagian luar pada kulit. Gunanya untuk melindungi lapisan-lapisan yang lunak/ lapisan yang ada di dalamnya.
b.      Lapisan Dermis.
Adalah lapisan bagian dalam kulit.
c.       Lapisan Sub-Cutis.
Adalah lapisan paling dalam pada kulit yang berguna untuk memberi bentuk tubuh, sebagai isolator yang mempertahankan panas tubuh, dan tempat menimbun cadangan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar