Jumat, 11 Januari 2013

Jenis Rambut dapat dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu :

1. Rambut Normal
Rambut yang terlihat  sehat, kokoh (firm), lembut yang mudah dirapikan (disentangle) baik waktu basah atau waktu kering. Kalau sedang bersih akan terlihat mengkilat (glossy) tetapi tidak berminyak (non glossy). Cirinya kelihatan bagus/segar, tidak lengket dan tidak kusam sehingga mudah diatur.
2. Rambut Kering
Rambut yang terlihat suram dan mudah rusak (brittle) akibat kekurangan sekresi kelenjar sebasea. Rambut kering cenderung mudah kusut (tangles), disir saja akan merusak batang rambut dan ujung rambut yang pecah, kutikel rambut menjadi terangkat dan lepas. Penyebab rambut kering ini terjadi pada rambut yang sering kena trauma baik mekanik maupun kimiawi, terlalu kencang diikat, terlalu kuat dipucatkan, terlalu sering dan kuat shampoo, terlalu sering dan kuat diblow dry dan sebagainya. Cirinya Bila dipegang tangan kaku, gersang, bersuara dan pudar, warna rambut pirang/merah tidak bercahaya, tumbuhnya sering tipis & sisik-sisiknya lebih merenggang jadi lebih mudah menerima zat cair. Cara merawatnya pertama-tama buanglah ujung-ujung merah dan terbelah dengan cara memotong selanjutnya mengikuti keterangan  berikut di kolom judul Pelembaban dan Pengkondisi.
3. Rambut Porous ( termasuk jenis rambut kering )
Rambut Porous adalah rambut yang menyerap zat cair, kering, bercabang, dengan pertumbuhan rambut yang sedikit serta kadang berwarna kemerahan yang diakibatkan oleh banyaknya penyasakan, bahan kimia kosmetik rambut yang terlalu banyak. Untuk mengetahuinya dengan mendorong rambut, yaitu ambilah sedikit rambut seperti akan meroto. Pegang pada ujungya dengan tangan kiri, lalu tangan kanan mendorong rambut seperti akan menyasak, apabila rambut itu mudah basah, mudah digunting dan kusut, maka rambut itu termasuk rambut porous.
Faktor-faktor yang membuat rambut porous antara lain :
a.)    Karena Over Prosesing dari cara kerja obat keriting dan kadaluarsanya waving lation, kurang telitinya pengecekan waktu rambut dikeriting.
b.)    Terlalu sering disasak, karena terlalu kencang / keras penyasakannya.
c.)    Terlau seringnya dicuci, serta penggunaan sampoo yang keras.
d.)   Menggunakan kosmetik rambut dan sampoo yang tidak tepat dengan keadaan dan jenis-jenis rambut seseorang.
e.)    Terlalu seringnya dikeriting ( waktunya berdekatan sekali ) dan dicat rambut.
4. Rambut Berminyak.
Penyebab rambut berminyak yang terlihat basah dan lengket karena minyak terlalu banyak, mudah kotor karena debu, mudah lengket (stick) membentuk rumpun rambut (gimbal). Set rambut tidak akan bartahan lama karena rambut akan cepat jadi ambruk karena beratnya. Cirinya Rambut kadang-kadang tumbuh lebat, sangat Elastis, daya mulurnya mencapai 40% – 50%, mengkilap, kalau dipegang rambut terasa ditangan lembab / basah oleh minyak dari kelenjar palit / lemak. Tindakan khusus untuk mencegah rambut berminyak  -Cuci rambut dengan air hangat, sambil disiram sedikit, gosok kulit kepala secara perlahan- lahan agar minyak yang menempel di kulit terbawa oleh air hangat, gunakan shampoo berminyak, setelah dibilas air hangat hingga bersih, terakhir bilas dengan air dingin biasa agar pori-pori rambut dan kulit menutup kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar