Rabu, 21 November 2012

Rambut Kering? Gunakan Minyak Kelapa!

Dengan budaya yang beragam, negeri kita memiliki banyak resep tradisional yang khasiatnya tidak lekang dimakan waktu.
Masih ingat ketika para ibu zaman dulu sangat rajin membuat bedak beras untuk menghaluskan muka, mengunyah daun sirih untuk menguatkan gigi, bahkan mengoleskan minyak kelapa agar rambut tumbuh lebat?
Sejak dulu minyak kelapa terkenal dengan kemampuannya untuk mengembalikan kemilau rambut yang rusak akibat sering terkena sinar matahari, polusi, memakai pewarna rambut, sering dikeriting atau produk rambut lainnya.
Tergiur oleh manfaat minyak kelapa, Jungle Products, sebuah perusahaan di California, Amerika Serikat yang menjual hasil olahan dari buah kelapa bahkan mengontrak sebuah perkebunan kelapa di Pasifik Selatan untuk memanfaatkan kelapa menjadi tonik rambut. "Minyak kelapa telah lama digunakan oleh rakyat pribumi untuk perawatan kulit dan rambut,” ujar Emily Mattison, pendiri perusahaan tersebut.
Untuk melakukan perawatan sederhana di rumah, ambil beberapa sendok makan penuh minyak kelapa dan tuang ke dalam mangkuk kecil tahan panas. Tempatkan mangkok tersebut ke dalam air yang sedang mendidih selama 10 menit hingga minyak kelapa lebih encer.
Setelah dingin, oleskan minyak mulai dari akar hingga ujung rambut. Usahakan semua bagian rambut diolesi minyak kelapa. Pijat kulit kepala dengan ujung jari dan gerakan melingkar agar minyak meresap ke dalam kulit. Biarkan selama satu jam atau bisa juga semalaman untuk hasil yang maksimal sebelum dibasuh dengan sampo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar