Kamis, 16 Januari 2014

Tips : Resep Mudah Membuat Cronut ala Chef Dominique

 



How To Make Easy Cronut at Home


Dilansir dari Googly Gooeys, Chef Dominique Ansel membagi-bagikan tips mudah membuat cronut ciptaannya di sebuah acara talk show Late Night with Jimmy Fallon. OpenRicers penasaran, apa saja bahan-bahan untuk membuat cronut yang katanya termasuk jenis pastry baru yang menantang skill para chef pastry. Kue ini memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi sebab adonan dibuat menjadi lapisan-lapisan tipis yang berbeda dengan croissant biasa. Ditambah lapisan gula tipis yang membalut kulit garing croissant, tentu sudah bisa dibayangkan betapa rumitnya membuat kue ini.


Namun anggapan tersebut bisa dengan mudah dipatahkan sendiri oleh sang pencipta. Chef Dominique justru mengatakan membuat cronut tidak sesulit yang dibayangkan. Melalui acara talkshow tengah malam tersebut ia dengan mudah memperagakan lima tahap membuat cronut yang bisa dipraktekan sendiri di rumah.
Nah buat OpenRicers yang mendadak menjadi penggemar cronut boleh jajal teknik membuat cronut berikut lho, dari pada harus jauh-jauh terbang ke New York untuk mencicipi sepotong cronut. Kamu bisa menghadirkan cronut dengan lapisan renyah ala Croissant sekaligus kelembutan ala donut dengan kreasi kamu sendiri.

Kamu hanya membutuhkan bahan dasar seperti susu, telur, mentega, tepung , gula dan garam. Selanjutnya bahan tambahan sebagai topping atau filling jika kamu ingin membuat cronut sandwich. Kamu bisa memilih cara praktis atau manual untuk adonan cronutnya. Cara praktis, tinggal membeli adonan puff pastry mentah yang siap pakai di supermarket, tinggal dicetak lalu digoreng.


Namun jika ingin mencoba cara manual bisa gunakan takaran adonan cronut berikut. Siapkan 400 gram tepung terigu protein tinggi dan 100 gram tepung protein sedang. Campurkan kedua jenis tepung dengan 65 gram gula pasir , 10 gram garam dan 20 gram mentega yang sudah dilembutkan. Aduk dengan mixer hingga merata. Secara terpisah, hangatkan campuran 350 ml air dan 120 ml susu, larutkan bersama 11 gram ragi instan biarkan selama 5 menit sampai berbuih. Kemudian, tuang campuran susu ke campuran tepung dan kocok kembali sampai adonan kalis. Bungkus adonan dan biarkan adonan berfermentasi sekitar 45 menit hingga mengembang dua kali lipatnya.


Setelah mengembang, pukul-pukul adonan hingga kempis dan masukkan ke kulkas selama satu jam. Tujuannya untuk membuat adonan menjadi garing. Setelah itu mulai memproses lapisan-lapisan cronut dengan membuat lipatan antara adonan dengan mentega tawar yang dilakukan berulang-ulang. Caranya, Bentuk menjadi adonan persegi ukuran 20x20 cm, giling hingga tipis 1-1,5 cm. Kemudian letakkan mentega di atas permukaan adonan tepat di tengah-tengah dan bungkus seperti melipat amplop hingga mentega tertutup rapat. Giling dan lipat berulang-ulang sampai mentega dan adonan tercampur dan membentuk lapisan-lapisan. Dinginkan kembali adonan dalam kulkas sesaat, lalu mulai mencetak adonan dengan cetakan donat.


Goreng cronut dengan minyak banyak, atur suhunya pada 160 C. Cukup goreng selama 1 menit pada masing-masing sisi sambil tetap memutar-mutar cronut agar matang merata. Angkat dan tiriskan minyaknya. Cronut siap dihias sesuai selera. Biasanya cronut dibelah seperti kue sus untuk diisi dengan krim berbagai rasa atau menyuntikkan langsung ke dalam cronut yang memang memiliki banyak rongga-rongga di dalamnya. Beri glaze atau topping sesuai selera dan cronut cantik nan renyah siap disantap.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar