Kamis, 16 Januari 2014

Membuat Jar Cake by Renny Arfiani




Mulai sekarang botol atau toples bekas wadah selai, saus, mayonaise, atau bumbu siap pakai jangan langsung dibuang ya OpenRicers. Dengan sedikit kreasi dan imajinasi toples bekas bisa disulap jadi wadah cantik untuk mengemas kue. Seperti apa step by step membuat simple jar cake simak ulasannya berikut OpenRicers!

Langkah pertama mari kita buat dulu kuenya, OpenRicers bebas memilih jenis kue favorit. Misalnya red velvet cake, rainbow cake, green tea cupcake, tiramisu, brownies, atau pancake. Jangan takut untuk mencoba jenis kue lainnya ya OpenRicers. Seperti poffertjes asal Belanda yang ternyata enak dan cantik dikemas dalam toples. Atau OpenRicers bisa mencoba kombinasi puding dan cake saat menyusun layer dalam toples. Perpaduan antara ice cream dengan cake juga seru lho. Bahkan jenis kue tradisional juga bisa dikreasikan misalnya mochi atau kue cubit.

Langkah kedua, sambil menunggu kuenya matang, kita buat layer cream-nya OpenRicers. Tidak selalu cheese cream ya, OpenRicers bisa menggantinya dengan selai coklat, selai buah, whipping cream, ice cream bahkan aneka rasa mousses. Siapkan pula bahan tambahan untuk memperkaya rasa dan mempercantik tampilan layer per layer. Seperti buah-buahan yang dipotong kecil-kecil, biskuit crumb, atau kacang-kacangan yang dipanggang.


Langkah ketiga, siapkan wadahnya. Pastikan toples yang dipakai toples bening agar lapisan kue terlihat jelas. Lepaskan seluruh label yang menempel pada toples sampai tak bersisa. Cuci bersih dan sterilkan toples dengan merebus toples dalam air mendidih untuk membunuh kuman dan bakteri. Jika memakai toples berbahan mika atau plastik cukup cuci hingga benar-benar bersih lalu keringkan.

Langkah keempat, susun kue dalam toples. Kue harus dalam keadaan sudah dingin ya OpenRicers. Cetak kue seukuran diameter toples dan susun lapis demi lapis sampai penuh sehingga tercipta gradasi warna yang kontras. Jenis kue rainbow, red velvet, brownies, pancake, tiramisu, dan soft cake lainnya cocok dilapisi dengan cream atau mousses. Untuk poffertjes bisa gunakan selai coklat atau selai rasa buah di setiap lapisannya. Mochi dan kue cubit kreasikan dengan ice cream. Sementara cupcake dan muffin gunakan saja frosting yang biasa untuk menghias cupcake. Kalau puding, OpenRicers bisa pakai whipping cream dan simpan dalam kulkas jika tidak langsung disantap. Jangan lupa kombinasikan dengan bahan tambahannya.

Langkah terakhir, hias toples. Siapkan pita warna-warni, stiker dan note kecil berisi pesan manis. Ikatkan pita pada tutup toples dengan membuat simpul yang sekaligus berfungsi sebagai segelnya. Jangan lupa selipkan sendok lucu saat mengikat pita. Rekatkan stiker imut pada toples dan selipkan note dibalik pita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar