Kamis, 16 Januari 2014

Resep Banana Caramel Cheesecake by Arfiani

Banana Caramel Cheesecake adalah salah satu signature dessert chef pastry Anna Olson. Kuepisang, keju dan aroma karamel menjadi cita rasa yang menonjol dari kue ini. Dalam resep masakan ini, pisang yang dipakai jenis pisang ambon, OpenRicers bisa menggantinya dengan jenis pisang lainnya seperti pisang kepok atau pisang raja untuk mendapatkan sensasi yang berbeda. Selamat berkreasi!

Tingkat kesulitan : Sedang
Waktu memasak : 90 menit
Hasil : 8 porsi
sederhana dengan rasa istimewa. Perpaduan

Bahan-bahannya :
(bahan crust)
12 keping biskuit oatmeal
85 gram kacang pecan / kacang pikan
55 gram mentega
(bahan banana layer)
2 sdm mentega
50 gram brown sugar atau gula palem
1 sdm rum atau air jeruk lemon
3 buah pisang ambon, iris melintang 2 cm
(bahan cheesecake filling)
910 gram krim keju
200 gram brown sugar atau gula palem
2 sdm mentega, lelehkan
1 sdm ekstrak vanili
5 butir telur
(bahan topping karamel )
340 gram gula pasir
65 ml air
1 sdm sirup jagung atau air jeruk lemon
250 ml whipping cream

Cara membuatnya :
1. Siapkan lapisan dasarnya. Hancurkan biskuit oatmeal dan kacang pecan dengan food processor atau dengan cara manual (masukkan kantung plastik dan hancurkan). Tambahkan mentega yang dilelehkan, aduk hingga rata.

2. Tuang adonan biskuit ke dalam loyang, ratakan dan padatkan. Panggang selama 12 menit dengan suhu 180 C. Setelah matang, dinginkan dan sisihkan.

3. Siapkan isian pisangnya. Panaskan wajan, masukkan mentega dan brown sugar atau gula palem, masak hingga gula meleleh. Setelah muncul gelembung masukkan air jeruk lemon dan potongan pisang, aduk hingga merata. Angkat dan dinginkan. Tuang ke dalam loyang berisi lapisan biskuit, ratakan.

4. Siapkan lapisan krim kejunya. Mixer krim keju dan gula palem sampai tercampur. Lalu tambahkan mentega, ekstrak vanili dan telur satu persatu sambil terus dikocok. Setelah cukup kental, tuang adonan krim keju ke dalam loyang hingga pisang tertutup. Panggang dengan teknik “au bain marie” selama 30 menit dengan suhu 160 C. Setelah matang dinginkan minimal 2 jam, untuk penyajian dingin simpan beberapa saat di lemari pendingin.

5. Siapkan topping karamelnya sebagai garnish. Masak gula, air dan perasan air jeruk lemon hingga larut dan kental. Selama membuat karamel perhatikan dengan seksama agar tidak hangus. Lalu angkat sebentar dan tuangi whipping cream sambil terus diaduk. Kecilkan apinya dan masak kembali selama 5 menit. Angkat dan dinginkan minimal 8 jam.

6. Untuk penyajiannya, potong kue dan tuangi saus karamel di atasnya.


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar